1. Menjalin hubungan cinta kasih dengan siswa (layaknya cinta kasih orang tua kepada anaknya
2. Guru = teman => Tempat mencurahkan masalah atau perasaan siswanya (pergeseran nilai)
3. Guru memposisikan diri sebagai fasilitator :
a. Guru hanya memfasilitasi
b. Guru memberi kemudahan
4. Karena menjadi fasilitator, guru memberi sumbang-saran
- Supaya siswa menjadi mandiri
- Supaya siswa bertanggung jawab
- Siswa diajarkan bersosialisasi, bertanggung jawab sosial untuk membangun kreativitas, kecerdasan emosi dan sosial
Sebagai pendidik :
1. Menjadi panutan
2. Memiliki standart kualitas pribadi yang baik
3. Guru bertanggung jawab atas nilai-nilai, dan norma-norma
4. Guru layaknya punya wibawa => karna kompetensi
5. Guru harus mandiri, bersifat independent, kontekstual
6. Disiplin
Sebagai pengajar :
1. Mengubah dari sumber belajar menjadi fasilitator kemudahan belajar
2. Membuat ilustrasi belajar
3. Mendefinisikan pengertian yang mudah dimengerti
4. Menganalisis masalah ke masalah lain
5. Merespon pertanyaan siswa
6. Mendengarkan, memahami siswa
7. Menciptakan kepercayaan
8. Memberi pandangan bervariasi ; sudut pandang
9.Menyediakan media untuk mengaji materi standar
10. Menyesuaikan materi standar
11. Memberikan nada dan perasaan ; lebih bermakna
Sebagai pembimbing :
- Merencanakan tujuan dan mengidentifikasi kompetensi
- Mendampingi jasmani dan psikologinya
- Memaknai kegiatan belajar
- Melaksanakan penilaian
- Keterampilan kognitif dan keterampilan motorik
- Guru harus banyak tahu dan mencari tahu, tapi harus sportif
- Memberikan nassehat bagi siswa/i dan orang tua
- Tapi tidak mengatur kehidupan orang
- Melatih membuat keputusan
- Memahami psikologi kepribadian dan ilmu kesehatan mental
Tidak ada komentar:
Posting Komentar